Betapa Pentingnya Memilih Niche Blog Yang Tepat

Pentingnya Niche Untuk Blog AndaMemilih Niche Blog Yang Tepat - Apakah perlu memilih niche blog? Sebelum anda Membuat Blog Baru, terlebih dahulu anda harus menentukan niche apa yang akan anda pilih untuk blog baru anda nantinya. Hal ini diperlukan agar blog anda bisa ramai dikunjungi. Search Engine juga menyukai blog yang mempunyai niche blog yang bagus dan tidak keluar dari jalur niche.

Sebelum memilih niche, terlebih dahulu anda harus tahu, Apa yang dimaksud dengan niche blog? Niche blog adalah sebuah blog yang membahas satu topik tertentu dan tidak tidak membahas beragam topik. Intinya, blog anda harus mempunyai satu topik untuk blog anda. Jadi buatlah artikel dengan niche blog atau topik blog anda. Misalnya anda memilih niche blog atau topik blog Handphone, jadi anda harus focus membahas tentang Handphone jangan membahas yang lain, misalnya anda membuat artikel Keluaran Handphone Terbaru,Cara Merawat Handphone, dan lain-lain. Saya ingatkan lagi, Google sangat menyukai blog yang mempunyai 1 (satu) topik pembahasan saja.

Ada ada kelebihan dari niche blog?
Tentu saja ada kelebihannya, berikut kelebihannya :

  • Dengan membahas satu topik, dengan mudah anda akan memperoleh ide postingan
  • Lebih mudah untuk menjadi blog otoritas, jika anda konsisten dan terus bekerja keras maka niche blog anda bukan hal yang mustahil untuk menjadi blog rujukan dan otoritas
  • Lebih mudah dioptimasi karena kata kunci yang anda bidik hanya fokus pada niche anda.
Menurut John James Robinson dalam ebooknya The Authority Site Adsense Guide, niche blog terbagi atas 4 (empat) jenis niche blog yaitu :
  1. Whole-niche, adalah niche blog yang membahas seluruh jangkauan topik. Misakan blog anda membahas seputar Blogger, maka anda membahas seluruh topik mengenai blogger seperti template blogger, tutorial blogger, SEO blogger.
  2. Broad-niche, adalah niche blog yang tidak membahas keseluruhan topik, melainkan sebagian besar topik. Misalkan blog anda membahas tentang Blogger, maka blog anda akan membahas bagaimana cara menghasilkan uang dari blogger, pembahasannya meliputi, SEO untuk blogger, hingga uang dari blogger.
  3. Themed-niche, adalah niche blog yang sudah mengarah ke suatu topik tertentuk saja. Misalkan blog anda memiliki topik seputar blogger, kakan pembahasannya di blog anda hanya SEO OFF PAGE untuk blogger saja.
  4. Micro-niche, adalah niche blog yang sangat sempit dan begitu terarah detail. Misalnya blog anda memiliki topik seputar blogger, maka pembahasannya di niche blog anda hanya membahas seputar SEO ON PAGE khusus riset keyword
Itulah pembahasan saya mengenai Pentingnya Memilih Niche atau Topik Blog. Semoga artikel ini membantu anda dalam menentukan niche yang bagus untuk blog sobat.


Pasang Iklan Anda
Blog, Updated at: 10:06 PM

7 comments:

  1. Terima kasih gan,, sangat membantu.. Sekarang saya sudah tau, pentingnya memilih niche blog. :-d

    ReplyDelete
  2. Syukurlah, kalau artikel saya membantu anda. Terima kasih telah berkunjung. :)

    ReplyDelete
  3. Makasih, infonya kak. Tapi saya sudah terlanjur buat blog gado-gado. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama - sama gan.
      Kalau blog gado - gado, tidak terlalu pusing untuk buat artikel karena tidak terlalu memperhatikan niche blog tapi google sulit untuk nentukan topik blog kita.
      Terima kasih, telah berkunjung gan.

      Delete

Silahkan beri komentar dengan bijak dan sesuai dengan topik artikel.
Gunakan tombol balas dibawah komentar terkait jika ingin membalas komentar agar komunikasi lebih terstruktur.
Disarankan menggunakan OpenID.
Klik untuk melihat kode :
:goodluck ^_^ :) :( :s :D :-D 7:( :Q :p T_T @-@ :W |o| :ngakak :-d